Kamis, 03 November 2016

Profil dan Biodata Habib Rizieq Imam Besar FPI

Biodata Habib Rizieq - aku tahu mengenai perilaku serta karakter beliau yg tidak sombong, murah senyum serta penuh kasih sayang, jadi benar bila beliau tak mengumbar silsilah/sanad nya ke khayalak ramai.


Keturunan Macan Betawi serta pejuang kemerdekaan
Ahad 19 Agustus 2007, Front Pembela Islam (FPI) mengadakan milad ke-9 di markasnya, Jati petamburan, Jakarta Pusat. Acara ini di hadiri sekitaran lima hingga enam ribu anggotanya, termasuk juga wakil FPI dari 25 propinsi.

Di selama Jl Jati petamburan III (sekitaran 300 mtr.) di gelar permadani untuk beberapa jamaah. Tengah di beberapa ruas Jl Jati pemburan Raya, depan RS Pelni, cuma bisa dilalui kendaraan satu jalur lantaran beberapa di padati massa yang kenakan baju putih serta peci putih.

Acara itu diawali shalat Subuh berjamaah. Diteruskan dzikir, tahlil serta ceramah maulid Nabi Muhammad SAW yang berjalan sampai jam 09. 30 pagi. Disudahi dengan pawai keliling Jakarta. Ketua Umum FPI Habib Muhammad Rizieq Husein Shihab, saat melepas pawai, memohon supaya mereka teratur serta sopan.

Berbarengan Habib Umar BIn Hafidzh Lihat demikian patuhnya beberapa anggota FPI pada ketua biasanya, aku teringat pada pemimpin Pandu Arab Indonesia, Habib Husein Shihab, bapak Habib Muhammad Rizieq Shihab. Pada awal 1950-an, Habib Husein Shihab sudah mengumpulkan beberapa pemuda Arab untuk mengabdi pada bangsa lewat bagian kepanduan. Dia lebih di kenal dengan sebutan hopman — kata Belanda untuk pemimpin kepanduan.

BIOGRAFI HABIB RIZIEQ, IMAM BESAR FPI


Seperti juga Habib Muhammad Rizieq Shihab, ayahnya itu juga begitu cekatan dalam memimpin serta memberi pengarahan pada beberapa pemuda yang tergabung dalam Pandu Arab Indonesia. Aku, yang juga jadi anggota pandu ini lebih 1/2 era lantas, memperbandingkan tampilan sang bapak dengan putranya yang saat ini memimpin beberapa ratus ribu massa FPI — menurut Habib Muhammad Rizieq Shihab anggota FPI di Indinesia sekitaran lima juta orang.

Profil Habib Rizieq - Begitu jauh tidak sama dengan tampilan sang bapak yang kerap menggunakan jas serta dasi, putranya ini senantiasa kenakan jubah serta sorban. ”Ayah aku memanglah modern serta orangnya begitu berbaur, ” kata Habib Muhammad Rizieq Shihab, kelahiran Agustus 1965. Muka Rizieq nyaris sama juga dengan muka almarhum ayahnya.

Meskipun langkah kenakan pakaian serta berpikirnya modern, Habib Husein Shihab begitu dekat dengan ulama Betawi terpenting, Habib Ali Alhabsyi dari Kwitang, Jakarta Pusat. Pada acara-acara seperti Maulid Nabi, Isra Miraj serta terima tamu asing, Habib Ali senantiasa memohon Habib Husein Shihab yang fasih berbahasa Belanda jadi MC. Acara-acara Pandu Arab yang dikerjakan setiap Sabtu sore berjalan di halaman Madrasah Unwanul Falah di Kwitang. Madrasah yang di bangun oleh Habib Ali pada 1911 ini sudah melahirkan beberapa ulama Betawi.

Habib Rizieq mengakui saat ayahnya wafat dunia th. 1966, dia baru berumur 11 bln.. ”Jadi aku mengenalnya cuma dari photo, ” tuturnya.

Sang bapak yang lahir th. 1920-an, sebelumnya wafat di Polonia, Jatinegara, berkata pada seseorang anggota keluarganya, ”Tanyakan pada putra aku ini, bila telah besar ingin jadi ulama atau jagoan. Bila ingin jadi ulama, didik agamanya dengan baik. Bila ingin jadi jagoan, berikanlah dia golok. ”

Mulai sejak itu, Habib Muhammad Rizieq Shihab dipindahkan ke Jati petamburan serta paling akhir lulus Riyadh University (saat ini King Saud University) Arab Saudi. Saat ini dia tengah merampungkan tesis pada University Malaya, Kuala Lumpur, untuk lulus S2 bagian Syariat.

Menurut beberapa rekan almarhum Habib Husein Shihab yang saat ini rata-rata berumur di atas 80 th., pemimpin Pandu Arab ini pernah bekerja di Rode Kruis (saat ini Palang Merah Indonesia) pada saat kembalinya Belanda sesudah proklamasi kemerdekaan.

Habib Husein, yang saat itu masihlah berumur 20 tahunan, bekerja dibagian logistik. Disini dia miliki jalinan dengan beberapa pejuang kemerdekaan. Dia banyak memberi makanan serta baju untuk beberapa pejuang yang saat itu bergerilya di Jakarta serta sekitarnya.

Rupanya pihak NICA (tentara Belanda) mengendus kelakuannya itu, lantaran ada kawannya sendiri yang tega mengkhianatinya serta melaporkannya pada NICA. Tanpa ada ampun lagi, Husein Shihab juga di tangkap. Ke-2 tangannya diikat serta ia diseret dengan kendaraan jip.

Di penjara dia divonis hukuman mati oleh Belanda. Namun, karena pertolongan Allah, Habib Husein Shihab sukses kabur dari penjara serta melompat ke Kali Malang. Dia selamat, walau sisi pantatnya tertembak. Dia sadar sebelumnya setelah memperoleh pertolongan dari KH Nur Ali, pejuang Bekasi yang begitu ditakuti NICA.

Satu hari, Habib Muhammad Rizieq Shihab memerlihatkan photo ayahnya dengan istri Bung Karno, Fatmawati, dalam satu upacara pada awal kemerdekaan. Dia menyebutkan bangga, ayahnya miliki semangat nasionalisme yang tinggi serta turut membakar beberapa pemuda Arab melawan Belanda lewat Pandu Arab Indonesia.

Bapak Habib Husein Shihab, Habib Muhammad Shihab, dulu pernah mempunyai beberapa ratus delman serta mempunyai istal kuda di depan RS Pelni. Delman yang bertrayek Tanah Abang ke Kebayoran Lama ini pernah diganggu oleh preman yang mengakui anak buah si Pitung, jagoan Betawi yang dibenci Belanda.

Seperti dituturkan Habib Muhammad Rizieq, kakeknya itu segera menjumpai Pitung yang terasa tak suka namanya dicatut. Rupanya pertemuan itu jadi bikin dua tokoh Betawi itu jadi akrab. Pada akhirnya, Habib Muhammad dikawinkan dengan ponakan Pitung dari Koebon Nanas, Kebayoran Lama. Dari perkawinan ini lahirlah Habib Husein Shihab, bapak dari Habib Muhammad Rizieq Shihab.

Habib Muhammad Rizieq bin Husein Shihab

Lahir di Jakarta pada tanggal 24 Agustus 1965, bapak beliau Habib Husein bin muhammad Shihab serta ibu beliau Syarifah Sidah alatas, ayahnya wafat sejak beliau masihlah berusia 11 bln., serta sejak tersebut Habib Muhammad Rizieq Shihab tak dididik di pesantren. Tetapi mulai sejak berumur empat th., Beliau telah rajin mengaji di masjid-masjid. Ibunya yang sekalian bertindak sebagai ayah serta bekerja sebagai penjahit baju dan perias pengantin, begitu memerhatikan pendidikan Habib Muhammad Rizieq Shihab serta satu anaknya yang lain.

Sesudah lulus SD, Habib Muhammad Rizieq Shihab masuk ke SMP Pejompongan, Jakarta Pusat. Nyatanya jarak sekolah dengan tempat tinggalnya di Petamburan, juga di Jakarta Pusat, sangat jauh. Beliau juga lalu dipindahkan ke sekolah yang lebih dekat dengan rumahnya, SMP Kristen Bethel Petamburan. Lulus SMA, Habib Rizieq melanjutkan studinya di King Saudi University, Arab Saudi, yang dikerjakan kurun waktu empat th. dengan predikat cum-laude. Habib Muhammad Rizieq Shihab pernah kuliah untuk mengambil S2 di Malaysia, namun cuma satu tahun.

Habib Muhammad Rizieq Shihab mendeklarasikan berdirinya Front Pembela Islam (FPI) tanggal 17 Agustus 1998. FPI mulai di kenal mulai sejak berlangsung Momen Ketapang, Jakarta, 22 November 1998, sekitaran 200 anggota massa FPI bentrok dengan beberapa ratus preman. Benturan memiliki nuansa suku, agama, ras, antargolongan ini menyebabkan sebagian rumah warga serta rumah beribadah terbakar dan menewaskan beberapa orang. serta di sini lah aku baru mengetahui beliau.

Sumber : http://www.biodataartis.net/2016/11/profil-dan-biodata-habib-rizieq-imam.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Profil dan Biodata Habib Rizieq Imam Besar FPI

0 komentar:

Posting Komentar