Kamis, 20 Oktober 2016

Profil dan Biodata Shahrukh Khan

Biodata Shahrukh Khan - Aktor Top Bollywood – Siapasih yang tak mengenal sosok artis Bollywood satu ini? Kalau Indonesia punya Rhoma Irama, maka India punya Shahrukh Khan. The King of Bollywood, Shahrukh Khan adalah artis India yang juga sangat populer baik di kalangan masyarakat India maupun Indonesia. Film – film Shahrukh Khan sangat populer sejak era-90an sampai sekarang. Dari admin berusia lima tahun, admin telah familiar dengan sosok aktor satu ini. Aktingnya sangat bagus sehingga dirinya sangat populer di mancanegara seperti Indonesia.




 Shahrukh Khan dilahirkan pada hari Selasa, 02 November 1965 di New Delhi, India. Ibunya menyampaikan kalau ia lahir dibawah bintang Manglik, yang dikira sial oleh orang Hindu. Dia yaitu anak ke-2 dari dua bersaudara. Kakaknya seseorang wanita yang bernama Shahnaz Lalarukh. Mereka tinggal di Rajinder Nagar, satu perumahan simpel di samping barat Delhi. Ibunya kerap kurang sabar dalam hadapi kemiskinan, tetapi Ayahnya tak pernah memohon pertolongan pada siapa saja, ia seseorang pekerja keras yang tidak pernah putus harapan supaya memperoleh hasil yang memuaskan untuk keluarga kecilnya. Sepanjang satu tahun lebih, keluarga ini geser dari tempat tinggal satu ke tempat tinggal yang lain.

Ibunya senantiasa yakin kalau Shahrukh Khan ditakdirkan untuk jadi seseorang aktor besar, ia terasa ada kemiripan pada Khan serta Dilip Kumar, seseorang aktor legenda Bollywood. Nama “Shahrukh” mempunyai makna face of the king (muka sang raja). Orangtuanya wafat sebelumnya ia masuk dunia perfilman Bollywood. Hal semacam ini kerapkali membuatnya terasa terpukul.

Di Sekolah St. Columba, dia kapten dalam sepak bola, kriket serta hoki, semuanya pada saat yang berbarengan. Ia alami cedera ketika bermain sepak bola, mulai sejak waktu itu ia senantiasa memperhitungkan ajakan beberapa rekannya dalam bermain sepak bola. Dalam kriket, ia bahkan juga bermain pada tingkat nasional. Terkecuali pintar dalam berolahraga, ia juga pintar dalam akademis, semuanya mata pelajaran nyaris ia kuasai, terlebih bhs Hindi, Elektronika serta Biologi namun tak dalam matematika. Dia lulus dengan pujian di jurusan ekonomi dari Kampus Hansraj, New Delhi serta peroleh gelar Master dalam Mass Comunication (jurusan pembuatan film) dari Kampus Jamiya Millia Islamiyah, New Delhi. Khan lalu meneruskan belajar akting dibawah tuntunan sutradara teater populer, Barry John di " Theatre Action Grup " (TAG). Barry John senantiasa memberikan pujian pada akting serta karakter Shahrukh Khan, ia mempunyai gabungan yang prima dari bakat, ketekunan, kepercayaan pada sendiri, tak pernah menyerah serta memiliki aspek keberuntungan untuk meraih keberhasilan.

Dia jatuh cinta dengan seseorang gadis Delhi, Gauri Chibba, lalu menikah dengannya pada tanggal 25 Oktober 1991. Sebagai seseorang Muslim yang menikah dengan seseorang wanita Hindu, ia serta istrinya memadukan ke-2 latar belakang agama kedalam pendidikan anak-anak mereka. Mereka memiliki dua orang anak, seseorang putra yang bernama Aryan Khan (1997) serta seseorang putri bernama Suhana Khan (2000). Gauri Khan pernah jadi pembawa acara mingguan ‘Hindi Music Countdown’ untuk saluran musik pada th. 1990-an. Gauri nampak di sampul Vogue India edisi Januari 2008.

Biodata Shahrukh Khan



Shahrukh Khan mengawali perjalanannya sebagai peran paling utama pada drama seri Fauji (1988). Dari drama seri itu ia mengantongi banyak pujian, lalu ia juga bertindak sebagai peran paling utama di drama seri Dil Dariya (1988), Circus (1989) serta Idiot (1992). Dia juga mempunyai peran kecil dalam satu film tv In Which Annie Gives It Those Ones (1989).

Film kiprahnya yaitu Dil Aashna Hai, tetapi lantaran keterlambatan dalam launching, pada akhirnya film Deewana dikira sebagai film kiprahnya, dimana ia berakting berbarengan aktris papan atas Bollywood pada saat itu, Divya Bharti. Shahrukh Khan makin banyak di kenal sutradara serta produser, dari th. ke th. ia senantiasa memperoleh tawaran untuk bermain film serta memperoleh peran paling utama. Tak semuanya filmnya alami keberhasilan, sebagian di antara filmnya alami kegagalan penjualan di market.

Pada th. 2007, Khan menukar Amitabh Bachchan sebagai tuan tempat tinggal musim ketiga dari game show Kaun Banega Crorepati, di kenal sebagai KBC (Who Wants To Be Millionaire versus India). Satu tahun lalu, Khan jadi tuan tempat tinggal acara permainan Kya Aap Paanchvi Pass Se Tez Hai? (Are You Smarter Than a 5th Grader versus India)

Biografi Shahrukh Khan

Pada th. 1999, Khan bangun tempat tinggal produksi berbarengan Juhi Chawla serta Aziz Mirza. Tempat tinggal produksi ini dinamakan Dreamz Unlimited. Di Th. 2000, Dreamz Unlimited menghasilkan film awal, Phir Bhi Dil Hai Hindustani yang di bintangi oleh Shahrukh Khan serta Juhi Chawla, tetapi sayang, film ini alami kegagalan dipasaran. Hal semacam ini pernah bikin Shahrukh Khan frustasi serta vakum untuk jadi produser. Dreamz Unlimited bertukar nama jadi Red Chillies Entertainment (di pimpin oleh Gauri). RCE menghasilkan film awal pada th. 2004, Main Hoon Na, film arahan dari sahabatnya sendiri, Farah Khan.

RCE mempunyai lima sub divisi, terkecuali produksi film, RCE juga mempunyai satu studio animasi yang di kenal sebagai Red Chillies vfx yang sudah ikut serta dengan film-film besar seperti Chak De India, Om Shanti Om, Dostana serta Kurbaan dan studio untuk Iklan TV yang di kenal sebagai Red Chillies TVC serta acara TV/serial yang di kenal sebagai Red Chillies Idiot Box. Shahrukh Khan juga mempunyai kian lebih 50% saham di tim kriket, Kolkata Knight Riders kerap disingkat sebagai KKR.

Persahabatan jadi kunci yang lain dari keberhasilan hidupnya. Melalui persahabatan, Shah Rukh Khan dapat meningkatkan karirnya. Ia tidak cuma ikut serta dalam satu tempat tinggal poduksi saja, namun juga sebagian tempat tinggal produksi. " Aku tidak bakal pernah dapat membayar apa yang sudah mereka (fans) kerjakan untuk aku. Mereka sudah memberi cinta pada aku, " tutur Khan.

Shahrukh Khan mempunyai tempat tinggal di India serta luar negeri. Tempat tinggalnya di Mumbai dimaksud Mannat yaitu obyek wisata populer serta dikira sebagai warisan bangunan India, dikira utama untuk keindahan kota serta karena itu dibebaskan dari pembongkaran. Diluar itu, ia juga mempunyai satu tempat tinggal di New Delhi. Khan juga mempunyai apartemen di London serta villa di Palm Jumeirah, Dubai yang dinamakan Shah Rukh Khan Boulevard.

Anaknya, Aryan Khan waktu berumur 4 th., pernah bertindak sebagai " Rahul " kecil difilm Kabhi Khushi Kabhie Gham serta pernah sebagai pengisi nada di film animasi Tez Lajawaab (The Incredibles versus India). Patung lilin Shahrukh Khan, Salman Khan, Kareena Kapoor, Sachin Tendulkar, Madhuri Dixit, Amitabh Bachchan, Hrithik Roshan serta Aishwarya Rai Bachchan ada di Museum Madame Tussaud, Inggris. Pada bln. Desember 2001, Khan alami cedera tulang belakang waktu syuting sebagai special appearance difilm Shakti : The Power.
Shahrukh Khan sudah berperan serta dalam sebagian konser tour dunia. Pada th. 1997, ia tampak di Malaysia. Ia kembali konser di sana pada th. selanjutnya dengan topik Shahrukh-Karisma : Live in Malaysia concert. Pada th. yang sama ia berperan serta di konser tour dunia semua Britania Raya, Kanada serta Amerika Serikat berbarengan dengan Juhi Chawla, Akshay Kumar serta Kajol. Pada th. 1999, ia kembali tour di Malaysia, di mana Salman Khan serta Twinkle Khanna digantikan dengan Akshay Kumar serta Kajol. Pada November 2002, Khan mengambil sisi dalam konser Fire & Flames di Malaysia, berbarengan Rani Mukherjee, Saif Ali Khan serta Raageshwari dengan rombongan 40-anggota penyanyi serta penari. Pada th. yang sama, ia turut dan dalam acara From India With Love di Inggris, berbarengan dengan Amitabh Bachchan, Aamir Khan, Preity Zinta serta Aishwarya Rai, mereka menghibur kian lebih 100. 000 pemirsa.

Khan berperan serta dalam tour konser bertopik Temptations 2004 yang disebut konser Bollywood paling berhasil ketika itu. Konser ini ia kerjakan berbarengan Arjun Rampal, Saif Ali Khan, Rani Mukherjee, Preity Zinta serta Priyanka Chopra di 19 panggung pertunjukkan di semua dunia. Pada th. 2008, Khan membangun Temptation Reloaded 2008, rangkaian konser dipamerkan di sebagian negara yang tidak sama. Acara ini dapat menghadirkan Arjun Rampal, Kareena Kapoor, Katrina Kaif, Ganesh Hegde, Javed Ali serta Anusha Dandekar, berjalan di Rotterdam Ahoy, Belanda. Sebagian bln. lalu, ia kembali berhimpun dengan Arjun Rampal, Kareena Kapoor serta Katrina Kaif untuk lakukan konser serta menghibur 15. 000 pemirsa di acara Dubai Festival. Pada th. 2010, Khan tampak berbarengan Arjun Rampal, Rani Mukherjee, Neeraj Shridhar serta Isha Koppikar untuk konser di Stadion Army, Dhaka, Bangladesh. Pada th. 2011, Khan tampak pada upacara pembukaan edisi ke empat Indian Premier League (IPL) yang diselenggarakan di Stadion MA Chidambaram, Chennai berbarengan Sunidhi Chauhan serta Shriya Anjuran di mana mereka menyanyikan beragam lagu Tamil. Pada th. itu juga, ia berhimpun dengan Shahid Kapoor serta Priyanka Chopra di Konser Persahabatan, merayakan 150 th. persahabatan India-Afrika Selatan di Durban, Afrika Selatan. Untuk konser Temptations Reloadednya selalu berlanjut sampai sekarang ini di beberapa negara.

Khan di kenal sebagai orang yang ramah, begitu perduli dalam soal sosial serta kemanusiaan, hal semacam ini membuatnya kerap beramal untuk beberapa orang yang membutuhkannya. Dalam satu wawancara dengan The Guardian ia menyebutkan argumen untuk selalu beramal yaitu lantaran kepercayaan agamanya. Pada th. 2007, ia bekerja sama juga dengan artis veteran M. F. Husain untuk bikin lukisan dalam perayaan 60 th. kemerdekaan India pada lelang amal di Bonhams, London. Lukisan itu di jual kian lebih 12 juta USD. Pada th. 2008, Khan mengambil sisi dalam konser Kemanusiaan berbarengan dengan bintang Bollywood yang lain. Konser ini sukses menyatukan kian lebih 30 juta USD untuk menolong anak-anak yang terserang efek banjir Bihar. Sepanjang th. 2009 penampilannya di Greenathon NDTV, Khan mengambil 5 desa di Bhitarkanika Taman Nasional di Kendrapara, untuk sediakan listrik buat mereka dengan memakai daya surya. Th. selanjutnya, ia mengambil 8 desa lagi, serta 11 lagi diadopsi sepanjang penampilannya dalam edisi ketiga dari acara itu. Dalam edisi th. 2012, ia kembali mengambil 12 desa. Khan yang begitu dermawan ini bikin beberapa penggemarnya makin mengagumi akan.

Source: http://www.biodataartis.net/2016/10/profil-dan-biodata-shahruk-khan-beserta.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Profil dan Biodata Shahrukh Khan

0 komentar:

Posting Komentar